JAVA


Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan
kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada,
Simula). Java diciptakan oleh James Gosling, developer dari Sun Microsystems pada
tahun 1991.
Karakteristik Java antara lain :
- Sederhana (Simple)
- Berorientasi Objek (Object Oriented)
- Terdistribusi (Distributed)
- Interpreted
- Robust
- Aman (Secure)
- Architecture Neutral
- Portable
- Performance
- Multithreaded
- Dinamis
Macam-macam Java 2 Software Developer Kit (J2SDK) antara lain :
- J2SE (Java 2 Standard Edition)
- J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
- J2ME (Java 2 Micro Edition)
Cara kerja Java dapat digambarkan sebagai berikut :





Java mempunyai platform yaitu : 
- Java Virtual Machine (Java VM) 
- Java Application Programming Interface (Java API)



Aplikasi-aplikasi java antara lain : 
- Stand alone 
- Applets 
- Aplikasi berbasis Windows (GUI) 
- Java Servlet 
- Java Server Pages (JSP) 
- Java Beans dan Enterprise Java 
Beans 
- Java Micro Edition 
- Penulisan program: 
o Menulis program 
Struktur program java yaitu :


Dapat ditulis dalam satu file .java: 

Berisi satu kelas 

Berisi beberapa kelas 
Ditulis dalam beberapa file .java: 

Satu file satu kelas 
Satu file banyak kelas 
Hanya boleh ada satu fungsi utama pada setiap program objek. 
o Kompilasi 
javac
Contoh: 
javac HelloWorld.java
o Eksekusi 
java []
Contoh: 
java HelloWorld



Contoh Program 1 (HelloWorld.java) yaitu : 
/** 
* Program Java untuk menuliskan kata Hello, world! 
* HelloWorld.java 
*/ 
// Deklarasi kelas 
class HelloWorld { 
// Deklarasi fungsi yang mewakili program utama 
public static void main(String args[]) { 
System.out.println("Hello, world!"); 
}

Kata Kunci Simpanan (Keywords) 
Kata kunci simpanan adalah identifier khusus yang disimpan oleh bahasa Java 
untuk mengendalikan bagaimana program didefinisikan. Kata kunci ini digunakan untuk 
mengenali tipe-tipe, pengubah, dan mekanisme pengaturan aliran program. Kata kunci ini 
hanya dapat digunakan untuk fungsi tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai identifier 
nama suatu variabel, class dan method. Sampai denga Versi 1.0 terdapat 59 kata kunci 
seperti terlihat dalam tabel :



Identifier 
digunakan untuk nama class, method, dan variabel. Suatu variabel dapat berupa 
urutan tertentu huruf (besar atau kecil), angka, garis bawah, dan tanda dolar. Tidak boleh 
diawali oleh angka dan bersifat case sensitive. 
Kelompok Java mengikuti aturan penamaan identifier untuk semua method public 
dan variabel instans dengan huruf awal kecil dan menandai bagian kata selanjutnya 
dengan huruf besar, misalnya nextItem, currentValue, getTimeOfDay. 
Untuk variabel provate dan lokal identifier akan berupa huruf kecil semua 
dikombinasikan dengan garis bawah, misalnya next_val, temp_val. Untuk variabel final 
yang mewakili suatu konstanta, digunakan huruf besar semua, misalnya TOK_BRACE, 
DAY_FRIDAY.

Literal 
Besaran konstanta pada Java dihasilkan dengan menggunakan literal yang 
mewakilinya. Setiap literal merepresentasikan nilai suatu tipe, dimana tipe itu sendiri 
menjelaskan bagaimana sifat nilai tersebut dan bagaimana penyimpanannya. 

Tipe Data 
Java merupakan contoh bahasa yang strongly typed language. Hal ini berarti 
bahwa setiap variabel harus memiliki tipe yang sudah dideklarasikan. Terdapat 8 tipe 
primitif, 6 diantaranya adalah tipe bilangan ( 4 tipe integer, 2 tipe floating point), 1 tipe 
karakter char, digunakan mengawa-sandi (encode) Unicode, dan 1 tipe boolean.



Char 
Tipe char menggunakan tanda kutip tunggal untuk menyatakan suatu char. Tipe 
char juga menyatakan karakter dalam upaya mengawal-sandi unicode, yang merupakan 
kode 2-byte. Karakter unicode paling sering dinyatakan dalam istilah skema pengkodean 
hexadesimal yang dimulai dari \u0000 sampai \uFFFF. Selain karakter bebas (escape \u 
yang menyatakan karakter unicode di Java terdapat juga.


Boolean 
Tipe boolean memiliki nilai true dan false. Tipe ini digunakan untul logical testing 
dengan menggunakan operator relasional.

Java Applet 
Applet berjalan pada Browser atau pada halaman WEB menggunakan HTML 
Java Applet adalah sebuah class yang dapat diaktifkan pada Web Browser seperti 
Internet explorer. Java Applet dienkapsulasi sebagai bagian dari HTML 
Langkah-langkah membuat applet. 
1.Membuat sebuah class Applet. 
2.Membuat dokumen html yang berasosiasi dengan class Applet yang telah dibuat pada 
langkah pertama. 
Template untuk applet 
import java.applet.Applet; 
import jawa.awt.*; 
public class AppletTemplate extends Applet 
// deklarasi variabel. 
public void init() 
// inisialisasi variabel, image loading, dll. 
public void paint(Graphics g) 
// drawing operations. 

Template untuk html


Contoh Program Applet 
import java.applet.Applet; 
import java.awt.Graphics; 
public class HelloWorld extends Applet { 
public void paint(Graphics g) { 
g.drawString("Hello world!", 50, 25); 
Kompilasi di Command Line Prompt 
M:\gundar\PBO\OOP\Applet>javac HelloWorld.java 
Contoh HTML Applet dari program diatas: 




Pada contoh HTML Applet dari program diatas 
Kode program: 
Applet dibuat dengan lebar 345 pixels dan tinggi 50 pixels 
Pada contoh Program Applet diatas 
Method drawString menggambar string Hello world pada posisi pixel(50,25) 
g.drawString("Hello world!", 50, 25);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar