Rabu, 16 Januari 2013

FUNGSI KELUARGA


Keluarga yaitu terdapat beberapa orang didalamnya yang memiliki hubungan darah. Keluarga itu sekelompok individu yang memiliki hubungan antar individuy yang memiliki ikatan tanggung jawab diantar para individu tsb.
Pengertian Keluarga
Keluarga adalah sekelompok orang yang lebih sedikit dibandingkan masyarakat, yang terdiri dari orang tua dan anak-anak mereka yang tinggal dalam satu atap yang memiliki ketergantungan satu dengan yang lain. Menurut pendapat “Salvicion” dalam keluarga dari dua kepribadian menjadi satu dengan hubungan pernikahan. Didalam hidup berumah tangga berinteraksi satu dengan anggota keluarga yang lain itu harus dilakukan dan memiliki peranan masing-masing.
Jenis Keluarga
Ada beberapa jenis keluarga yang diketahui: keluarga yang terdiri dari suami,istri,anak. Dan juga ada keluarga luas/jauh yang dilihat dari keturunan diatas keluarga asli, keluarga luas ini terdiri dari paman,bibi,kake dan keluarga nenek.


Peran Keluarga
Peran keluarga yang harus dilakukan secara pribadi, dalam situasi tertentu, peranan pribadi didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, Kelompok dan Masyarakat. Ada pun peran dalam keluarga yang dimiliki oleh setiap masing-masing keluarga seperti ayah,ibu,anak-anak dari ayah sampai anak mempunyai peran yang berbeda-beda peranaan itu sebagai berikut:
AYAH : AYAH adalah seorang kepala keluarga yang berperan sebagai suami dari istri dan anak-anaknya dan juga berperan mencari nafkah,dan mendidik anak-anaknya,memberikan rasa aman kepada anak-anaknya dan kepada istrinya.
IBU     : IBU adalah ibu rumah tangga yang berperan sebagai pendidik dan pengurus masalah rumah tangga, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
ANAK: ANAK adalah seorang anak dari ayah dan ibuya, anak juga berperan penting dalam psikosial sesuai dengan tingkat perkembangan sosia,mental dan fisik dari anak tersebut.


TUGAS DALAM SETIAP KELUARGA
Dasar tugas sebuah keluarga itu ada delapan yaitu
1. Pemeliharaan fisik keluarga dan para anggotanya.
2. Pemeliharaan sumber-sumber daya yang ada dalam keluarga.
3. Pembagian tugas masing-masing anggotanya sesuai dengan kedudukannya masing-masing.
4. Sosialisasi antar anggota keluarga.
5. Pengaturan jumlah anggota keluarga.
6. Pemeliharaan ketertiban anggota keluarga.
7. Penempatan anggota-anggota keluarga dalam masyarakat yang lebih luas.
8. Membangkitkan dorongan dan semangat para anggotanya.

FUNGSI
Fungsi yang dijalankan keluarga :
1.       Fungsi pendidikan dilihat bagaimana suatu keluarga mendidik dan menyokolahkan anaknya untuk masadepan anak.
2.       Dari sosialisasi anak, bagaimana suatu keluarga mendidik dan mempersiapkan seorang anak untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
3.       Fungsi perlindungan, bagaimana sebuah keluarga bisa memberikan rasa aman bagi anak-anaknya.
4.       Perasaan, dimana keluarga memiliki kesamaan dengan anggota keluarganya dan kepada anaknya sendiri.
5.      Fungsi Agama bagaimana keluarga mengenalkan sebuah keyakinan kepada anggota keluarga mereka melalui kepala keluarga dan menanam keyakinan itu kepada keluarga.
6.       Fungsi Ekonomi bagaimana kepala keluarga mencari penghasilan, mengatur penghasilan supaya bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.
7.      Fungsi Rekreatif bagaimana menciptakan suasana harmonis ditengah-tengah keluarga, seperti sharing-sharing, ngobrol dan lain-lain

REFRENSI:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar