Jumat, 04 Oktober 2013

Organisasi

Pendapat dari buku yang saya baca Menurut Chester Irving Barnard seorang Eksekutif Bisnis Amerika (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan bahwa: “I define organization as a system of cooperatives of two more persons” (Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih).

Organisasi Perusahaan

Budaya Organisasi mempunyai contoh seperti yang terjadi di setiap perusahaan, yang muncul berdasarkan peralanan hidup para pegawai. Tapi pada umumnya budaya organisasi terletak pada pendiri perusahaan itu sendiri berperan penting. Karena merekalah yang mengambil keputusan dan memberi arah strategi organisasi yang biasanya disebut juga budaya organisasi.

Dan biasanya budaya organisasi di setiap perusahaan mempunyai budaya organisasi sendiri. Ini karena terdapat beberapa faktor sebagai berikut:

Lingkungan Usaha: Dimana suatu perusahaan itu akan beroperasi dan menetukan langkah  apaa yang harus diambil perusahaan tersebut.

Adanya nilai – nilai konsep dasar dan keyakinan suatu perusahaan.

Acara rutin yang diselenggarakan suatu perusahaan untuk memberi reward – reward pada karyawannya.

Adanya jaringan yang dimiliki setiap perusahaan berbeda – beda.

Kenapa kita sebagai manusia harus belajar mengenai Organisasi?

Kalau kenapa kita harus berorganisasi itu sih akan menimbulkan banyak pendapat dari semua orang dimana setiap pendapat kita akan berbeda-beda. Disini saya akan memberi pendapat kenapa kita harus mempelajari apa itu organisasi, dalam kehidupan kita didunia ini kita tidak bisa berkerja/berjalan sendiri dimana kita harus membutuhkan pendapat orang lain. Jadi kenapa harus belajar organisasi karena supaya kita bisa bersosialisasi dan dan melatih prinsip kita agar bisa kritis terhadap lingkungan sekitar kita dan memperluas hubungan sosial dengan orang lain dan menata cara hidup kita lebih disiplin dan memperluas jaringan dan apa yang kita dapat dari Organisasi itu akan melatih kita menuju dunia kerja yang akan membentuk Skill/Kemampuan kita.

Pengalaman Berorganisasi

Kalau cerita mengenai Organisasi saya tidak pernah ikut Organisasi dari kecil dirumah maupun disekolah atau dimanapun. Pada saat saya kelas 3 SMK saya dan teman-teman saya ditangtang sama kepala sekolah untuk membuat hal baru pada saat acara PENSI saat kami lulus nanti dan kami pun mempunyai usulan kepada pihak sekolah kami akan membuat Sebuah Film kartun yang berjudul “Friendship 4 sahabat” dan kami hanya mempunyai waktu 3bulan sebelum acara itu dan kami pun membuatnya hingga akhirnya tepat waktu dengan film durasi 20menit dan saatnya acara PENSI kami pun menunjukan hasil karya kami dan kami mendapat antusias dari kepala sekolah dan dari situ kami mengusulkan akan membuat Organisasi baru disekolah kami dengan nama “MULTITECHNO” dan sampai sekarang Organisasi disekolah saya memdapat simpati dari banyak anak-anak yang mau mencoba membuat film kartu sendiri, MULTITECHNO bergerak dibidang Animasi dan IT dimana saya sebagai salah satu didalam Organisasi yang menjabat sebagai “Team Analyst dan IT Support” dan didalam MULTITECHNO saya menyadari banyak hal yang saya dapatkan disana dari cara bekerja sama, berfikir secara dewasa, lebih disiplin dan bisa mengembangkan Skill saya sesuai bidang jurusan yang saya ambil di SMK PANMAS depok yaitu RPL(Rekaya Perangkat Lunak). Itulah pengalaman saya berorganisasi.

Sumber

1. Chester Irving Barnard Buku “The Executive Functions”

2. http://ani-yunita.blogspot.com/2013/06/budaya-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar